Senin, 06 September 2021

MATERI BIMBINGAN KONSELING KELAS TUJUH (VII)

 

Kelas : VII (YUJUH) SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung
Topik : Motivasi Belajar
Tujuan : Peserta didik belajar dirumah sesuai dengan gaya belajar masing-masing dan menerapkannya.
















 

 

 

Materi Bimbingn

Motivasi Belajar

 

A.       Pengertian Motivasi

            Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan)
        Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang dapat mendorong mengaktifkan , menggerakan dan mengarahkan perilaku seseorang . dengan kata lain motivasi ada dalam diri seseorang dalam wujut niat harapan keinginan dan tujuan yang ingin dicapai.
Namun pada dasarnya motivasi merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.

        Dalam kegiatan belajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan membentuk arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai

 

B.        Jenis-jenis Motivasi

Motivasi ada dua jenis, yaitu:

1.   Motivasi Intristik

Motivasi yang berasal dari dalam diri siswa/orang itu sendiri.

2.   Motivasi Ekstrinsik

     Dorongan yang ada pada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan. Namun dorongan tersebut dating dari luar individu yang bersangkutan. Jadi orang itu dirangsang dari luar.

C.       Peran Motivasi yang Penting Dalam Belajar

1.                Peran motivasi dalam penguatan belajar

Peran motivasi dalam hal ini dihadapkan pada suatu kasus yang memerlukan pemecahan masalah. Misalnya seorang siswa yang kesulitan dalam menjawab soal matematika akhirnya dapat memecahkan soal matematika dengan bantuan rumus matematika. 

            Usaha untuk memberi bantuan dengan rumus matematika dapat menimbulkan penguatan belajar. Motivasi ini dapat menentukan hal-hal apa yang di lingkungan anak yang dapat memperkuat perbuatan belajar. Untuk itu seorang guru perlu memahami suasana lingkungan belajar siswa sebagai bahan penguat belajar.

2.                Peran Motivasi dalam memperjelas Tujuan Belajar

Peran ini berkaitan dengan kemaknaan belajar yaitu anak akan tertarik untuk belajar jika yang dipelajarinya sedikitnya sudah bisa diketahui manfaatnya bagi anak.

3.                Peran Motivasi menentukan Ketekunan dalam Belajar

 Seseorang yang telah termotivasi untuk belajar sesuatu akan berusaha mempelajari sesuatu dengan baik dan tekun, dan berharap memperoleh hasil yang baik.

D.       Faktor yang Menurunkan Motivasi Belajar

1.      Kehilangan harga diri
Pengaruh dari hilangnya harga diri bagi orang dewasa sangat besar. Tanpa harga diri, peserta didik orang dewasa akan berlaku sangat emosional dan pasti menurunkan motivasi belajarnya

2.      Ketidaknyamanan fisik
Fisik merupakan aspek fisiologis/penampakan yang penting untuk meningkatkan motivasi belajar. Seorang peserta didik dewasa biasanya selalu memperhatikan penampilan fisiknya. Jika fisiknya tidak membuat ia nyaman, motivasi belajarnya pun akan menurun. Contoh; seorang yang mempunyai badan yang besar akan mengalami penurunan motivasi jika ia diminta untuk belajar lari sprint dilapangan.

3.      Frustasi
Kendala dan masalah hidup yang dihadapi oleh orang dewasa merupakan hal yang harus dijalani. Terkadang dapat diatasi, terkadang tidak. Mereka yang mengalami masalah yang tidak tertanggulangi biasanya akan cepat frustasi

4.      Teguran yang tidak dimengerti
Orang dewasa tidak hanya manusia yang mempunyai pemikiran dan pengalaman luas ttapi juga prasangka yang besar pula. Jika tutor/guru menegur dengan tanpa ia mengerti, peserta didik orang dewasa itu pun akan merasa bingung dan berprasangka macam-macam yang pada akhirnya menjadi faktor penurun motivasi belajarnya. Contohnya, tutor/guru yang kesal dengan peserta didiknya yang terlambat menacung-acungkan jari dengan cepat kepada peserta didik tersebut

5.      Materi terlalu sulit/ mudah
Materi pembelajaran dapat diukur dengan menerapkan pratest dan pengidentifikasian sasaran peserta didik. Terkadang hal ini tidak diperhatikan tutor/guru sehingga materi yang diajarkan terlalu sulit/mudah. Bagi peserta didik orang dewasa, mereka tentu sangat bosan dengan materi yang terlampau mudah dan sangat frustasi dengan materi yang terlampau sulit. Keduanya mempengaruhi motivasi belajar peserta didik ketingkat terendah.

6.      Persaingan yang tidak sehat
Setiap peserta didik orang dewasa mempunyai perbedaan satu sama lainya. Kadang-kadang dalam ujian ada saja yang berbuat curang. Peserta didik yang berbuat jujur merasa tidak adil kepada mereka yang mencontek dan mendapat nilai bagus sementara dirinya bersungguh-sungguh dalam belajar tetapi nilainya standar saja. Hal ini menyebabkan motivasi belajarnya menurun bahkan menjadikan proses belajar tidak lagi kondusif.

7.      Berkelompok dengan peserta yang sama sama kurang
Metode pembelajaran kelompok merupakan suatu metode stratgis untuk tutor/guru agar peserta didik dapat saling mengisi dan menanggulangi masalah yang disampaikan tutor/guru. Jika dalam satu kelompok anggotanya berkemampuan rendah semua, kegiatan kelompok tidak akan berjalamn baik. Proses yang diharapkan guru/tutor agar saling mengisi dan bertukar pendapat akan tidak berjalan dikarenakan seluruh anggorannya berkemampuan rendah. Peserta didik pun akan merasa tidak mencapai progres yang baik dan tidak mencapai target. Keadaan tersebut akan menurunkan motivasi belajarnya.

E.        Cara Mengembangkan Motivasi Belajar

1.      Menahan diri - saat kita tertarik dengan sesuatu yang baru biasanya dengan penuh antusias untuk segera melakukannya,.lupa bahwa kita juga mempunyai keterbatasan. Seolah kita mampu melakukan segalanya dan mengerahkan semua energy yang ada, hingga cepat terkuras dan kehabisan energy. Tahanlah keinginan jangan melakukan semua yang diinginkan, lakukan 50 - 75 % saja dan buat perencanaan untuk meningkatkannya secara perlahan.

2.      Visualisasikan - carilah gambar atau image yang berhubungan dengan tujuan atau cita-cita kita, misalnya berupa barang, atau tempat wisata yang ingin dikunjungi. Letakkan ditempat yang sering terlihat, agar setiap kali melihatnya membuat kita termotivasi untuk berusaha lebih giat.

3.      Cari teman atau partner - mempunyai partner dalam misi yang sama sangat membantu untuk terus termotivasi, saling membantu dan memberi informasi, bekerja sama dalam menggapai mimpi.

4.      Kerjakan segera - pada saat kita merasa ingin melakukan sesuatu yang akan mempercepat proses pencapaian tujuan, lakukanlah segera. Jangan menundanya, seringkali kita menunda hal-hal yang seharusnya dilakukan. Entah itu dengan alasan karena merasa tidak mampu melakukannya atau karena alasan lain yang tidak seharusnya.

5.      Buatlah menjadi menyenangkan - betapun beratnya perjuangan untuk mencapai yang diinginkan, berusahalah untuk membuatnya menjadi hal yang menyenagkan. Melakukan hal yang menurut kita menyenangkan membuat segalanya tampak lebih ringan dan mudah.

6.      Bersabar - hmm.. kata ini terlalu sering didengar, mudah mengatakannya namun sulit untuk melakukannya. Terlebih jika mempunyai tujuan dalam jangka panjang, namun bersabar adalah keharusan. Setiap sesuatu membutuhkan waktu, bila memang sudah waktunya nanti kita bisa merasakan nikmatnya kesuksessan.

7.      Buat tujuan jangka pendek - mempunyai tujuan jangka panjang bisa jadi sangat berat untuk tetap termotivasi, dalam beberapa minggu atau bulan sangat mungkin kita kehilangan motivasi. Untuk mengatasi ini pecahlah tujuan jangka panjang tersebut menjadi beberapa tujuan jangka pendek.

8.      Beri dirimu penghargaan - bukan hanya untuk tercapainya tujuan jangka panjng, seperti pada point 9 yaitu memecahnya menjadi beberapa jangka pendek. Untuk setiap tercapainya tujuan jangka pendek berilah dirimu penghargaan yang sesuai, tapi juga jangan berlebihan.

9.      Cari inspirasi setiap hari - inspirasi merupakan motivator terbaik, dan inspirasi bisa ditemukan dimana saja. Carilah inspirasi setiap hari, inspirasi bisa berasal dari : blogs, cerita suksess, forums, buku, majalah, koran, televisi, dan radio.

10.  Cari guru atau pembimbing - ini akan memberi kita motivasi, setidaknya untuk show atau menunjukan keberhasilan yang telah dicapai. Dan memberi motivasi untuk melakukan sesuatu yang telah diajarkan. Mungkin ini cara yang mahal untuk mencari motivasi, tapi cari ini terbukti bisa berhasil.

11.  Buatlah aturan - harus diakui terkadang kita juga merasa malas dan bosan, hingga melewatkan satu hari berlalu tanpa ada kemajuan. Tapi jangan biarkan ini terus terjadi, satu hari kita malas maka besoknyapun kita masih malas untuk melakukannya. Buatlah aturan untuk tidak melewatkannya lebih dari 1 hari, cukup satu hari yang tersia-sia.

12.  Khayalkan atau gambarkan - gambarkan akan seperti apa kita pada saat telah mencapai suksess seperti yang dinginkan. Mobil apa yang dikendarai, seperti apa rumah yang bakal dibangun, dimana akan berwisata, atau semisalnya. Lakukan ini setidaknya 5 - 10 menit setiap hari. Cara ini dipakai untuk mempertahankan motivasi dalam waktu yang lama.

13.  Teman berkompetisi - carilah yang bersahabat dan mau berkompetisi dengan sportif. Partner atau teman bisa juga menjadi pesaing dalam arti yang positif, pastikan untuk bersaing secara positif.

14.  Buat komitmen pada publik - trik ini terbukti ampuh. Misalnya : buat tulisan di blog bahwa kita akan mencapai sesuatu pada tanggal yang ditentukan

15.  Berpikir positif, buang yang negatif - awasi pikiran, waspadalah terhadapnya. Sadar atau tidak kita selalu berbicara pada diri sendiri, namun kita tidak selalu siap menghadapi pikiran buruk kita sendiri. Buanglah jauh dan gantilah pikiran buruk dengan pikiran yang baik, pikiran baik bisa menjadi kekuatan yang dahsyat.

 

Materi Dipahami, kemudian memberikan kesimpulan dikolom komentar,wajib absen di blogger sebagai tanda kehadiran kalian dalam pelajaran ibu dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komen dikolom blogger ibu..

dan tugas dikirimkan ke wa ibu ya nak....

Terimakasih...

 

 

 

40 komentar:

  1. Salsabila
    7a
    Hadir
    Kesimpulan:
    A.pengertian motivasi
    Motivasi berasal dari bahasa Inggris"motivation"perkataan asalnya adalah"motive"yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu"motif"yaitu bermaksud tujuan.
    Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang mendorong mengaktifkan,menggerakan,menggairahkan perilaku seseorang.
    Dalam kegiatan belajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak didalam diri siswa yang menimbulkan,menjamin kelangsungan dan membentuk arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai.

    B.jenis jenis motivasi

    1.motivasi intristik
    Motivasi yang berasal dari diri siswa/orang tua/diri sendiri

    2.motivasi ekstrinstik
    Dorongan yang ada pada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan

    C.peran motivasi yang penting dalam belajar
    S
    1.peran motivasi dalam penguatan belajar
    Misalnya seorang siswa yang kesulitan dalam menjawab soal matematika akhirnya dapat memecahkan soal matematika dengan bantuan rumus matematika.

    2.peran motivasi dalam memperjelas tujuan belajar
    Kemaknaan belajar yaitu anak akan tertarik untuk belajar jika yang dipelajarinya sedikit sudah bisa diketahui manfaatnya bagi anak.

    3.peran motivasi menentukan ketekunan dalam belajar
    Seseorang yang telah memotivasi untuk belajar sesuatu akan berusaha mempelajari sesuatu dengan baik dan tekun.

    D.faktor yang menurunkan generasi belajar

    1.kehilangan harga diri
    2.ketidaknyamanan fisik
    3.frustasi
    4.teguran yang tidak dimengerti
    5.materi terlalu sulit/mudah
    6.persaingan yang tidak sehat
    7.berkelompok dengan peserta yang sama sama kurang.

    E.cara mengembangkan motovasi belajar
    1.menahan diri
    2.visualilasikan
    3.cari temen atau partner
    4.kerjakan segera
    5.bautlah menjadi menyenangkan
    6.bersabar
    7.buat tujuan jangka pendek
    8.beri dirimu penghargaan
    9.cari inspirasi setiap hari
    10.cari guru atau pebimbing
    11.buatlah aturan
    12.khayalkan atau gambarkan
    13.temen berkompotisi
    14.buat kotmimen pada publik
    15.berfikir positif baung yang negatif.

    ITU SAJA KESIMPULAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN .
    ~SALSABILA

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum bu
    Nama:adis afikqa akram
    Kelas:7A
    Ket:hadir


    Kesimpulan:Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan)
    Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang dapat mendorong mengaktifkan , menggerakan dan mengarahkan perilaku seseorang

    BalasHapus
  3. assalamualaikum
    m.alfarizi tisyana
    7A
    Hadir
    Kesimpulan:
    A.pengertian motivasi
    Motivasi berasal dari bahasa Inggris"motivation"perkataan asalnya adalah"motive"yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu"motif"yaitu bermaksud tujuan.
    Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang mendorong mengaktifkan,menggerakan,menggairahkan perilaku seseorang.
    Dalam kegiatan belajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak didalam diri siswa yang menimbulkan,menjamin kelangsungan dan membentuk arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai.

    B.jenis jenis motivasi

    1.motivasi intristik
    Motivasi yang berasal dari diri siswa/orang tua/diri sendiri

    2.motivasi ekstrinstik
    Dorongan yang ada pada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan

    C.peran motivasi yang penting dalam belajar
    S
    1.peran motivasi dalam penguatan belajar
    Misalnya seorang siswa yang kesulitan dalam menjawab soal matematika akhirnya dapat memecahkan soal matematika dengan bantuan rumus matematika.

    2.peran motivasi dalam memperjelas tujuan belajar
    Kemaknaan belajar yaitu anak akan tertarik untuk belajar jika yang dipelajarinya sedikit sudah bisa diketahui manfaatnya bagi anak.

    3.peran motivasi menentukan ketekunan dalam belajar
    Seseorang yang telah memotivasi untuk belajar sesuatu akan berusaha mempelajari sesuatu dengan baik dan tekun.

    D.faktor yang menurunkan generasi belajar

    1.kehilangan harga diri
    2.ketidaknyamanan fisik
    3.frustasi
    4.teguran yang tidak dimengerti
    5.materi terlalu sulit/mudah
    6.persaingan yang tidak sehat
    7.berkelompok dengan peserta yang sama sama kurang.

    E.cara mengembangkan motovasi belajar
    1.menahan diri
    2.visualilasikan
    3.cari temen atau partner
    4.kerjakan segera
    5.bautlah menjadi menyenangkan
    6.bersabar
    7.buat tujuan jangka pendek
    8.beri dirimu penghargaan
    9.cari inspirasi setiap hari
    10.cari guru atau pebimbing
    11.buatlah aturan
    12.khayalkan atau gambarkan
    13.temen berkompotisi
    14.buat kotmimen pada publik
    15.berfikir positif baung yang negatif.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Nama:Rangga
    Kelas:7a
    Ket:hadir



    Kesimpulan:Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan)
    Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang dapat mendorong mengaktifkan , menggerakan dan mengarahkan perilaku seseorang

    Balas

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum
    Khalista Hapsari t.d
    7A


    Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan

    B.jenis jenis motivasi

    1.motivasi intristik
    Motivasi yang berasal dari diri siswa/orang tua/diri sendiri

    2.motivasi ekstrinstik
    Dorongan yang ada pada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan

    C.peran motivasi yang penting dalam belajar
    S
    1.peran motivasi dalam penguatan belajar
    Misalnya seorang siswa yang kesulitan dalam menjawab soal matematika akhirnya dapat memecahkan soal matematika dengan bantuan rumus matematika.


    D.faktor yang menurunkan generasi belajar

    1.kehilangan harga diri
    2.ketidaknyamanan fisik
    3.frustasi
    4.teguran yang tidak dimengerti
    5.materi terlalu sulit/mudah
    6.persaingan yang tidak sehat
    7.berkelompok dengan peserta yang sama sama kurang.

    E.cara mengembangkan motovasi belajar
    1.menahan diri
    2.visualilasikan
    3.cari temen atau partner
    4.kerjakan segera
    5.bautlah menjadi menyenangkan
    6.bersabar
    7.buat tujuan jangka pendek
    8.beri dirimu penghargaan
    9.cari inspirasi setiap hari
    10.cari guru atau pebimbing

    Terima kasih

    -khalista 7A







    BalasHapus
  6. assalamualaikum
    nama : kierra felisha
    kelas : 7A
    ket : hadir

    Kesimpulan:Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan)
    Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang dapat mendorong mengaktifkan , menggerakan dan mengarahkan perilaku seseorang

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum
    Nama:khairunnisa m sasikirana
    Kelas:7a
    Hadir

    Kesimpulan

    Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan)
    Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang dapat mendorong mengaktifkan , menggerakan dan mengarahkan perilaku seseorang

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum
    Alvira Candra
    7A
    Hadir





    A. Pengertian Motivasi

    Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan)
    Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang dapat mendorong mengaktifkan , menggerakan dan mengarahkan perilaku seseorang .

    Dalam kegiatan belajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan membentuk arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai

    BalasHapus
  9. Asalamualaikum bu
    Arkan tio berliando
    Kls7a
    No absen 3.
    Hadir

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum Bu
    Saskia Oktavia Rizki
    Kls:7a
    No absen:23
    Hadir


    Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan)
    Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang dapat mendorong mengaktifkan , menggerakan dan mengarahkan perilaku seseorang .

    Dalam kegiatan belajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan membentuk arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum
    Elyta Aaqila Rosalie
    7A
    hadir

    kesimpulan saya: terkadang kita sering kali mendapatkan motivasi lewat orang (motivasi Ekstrinsik) dan banyak pula orang yang skrg bisa memberikan motivasi kepada org lain di sekitarnya
    seperti anak ambis yg skrg banyak memotivasi anak yg malas belajar agar jadi semangat belajar

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaikum
    Nama:Amira Nur Azizah
    Kelas:7b
    Ket:hadir


    Kesimpulan:Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan)
    Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang dapat mendorong mengaktifkan , menggerakan dan mengarahkan perilaku seseorang

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum Bu
    Nama:Shakila Alissa putri
    Kelas:7A
    Ket:hadir
    Kesimpulannya:
    Motivasi merupakan daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas demi tercapainya suatu tujuan. Motivasi juga diartikan sebagai pendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.
    Motivasi bisa dari dalam diri dan dari luar.

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum Bu
    Nama:M.Arkan Maulidan
    Kls:7A
    Ket:Hadir
    Kesimpulan:Dengan adanya motivasi maka
    Kita akan tau tujuan hidup kita akan kemana

    BalasHapus
  15. Asssalamualikum
    Nama:muhammad ghazy arka
    Kls:7A
    Hadir

    Kesimimpulan:motivasi berasal dari bahsa ingrris yaitu motivation motivasi yg berpangaklan pada kata motif yg dapat diartikan sebagai daya penggerak yg ada dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas² tertentu demi tercapai nya suatu tujuan dalam kegiatan belajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan penggerak dalam diri siswa

    Jenis motivasi:
    1.motivasi intristik
    Motivasi dari diri sendiri

    2.motivasi ekstrinstik
    Motivasi dari org lain

    Peran motivasi penting dalam belajar

    1.peran motivasi dalam penguatan belajar

    Peran motivasi dalam hal ini dihadapkan pada suatu kasus yg memerlukan pemecahan masalah misalny siswa yg kesulitan mengerjakan soal matematika akhirny bisa mengerjakan bekrat bantuan rumus matematika
    Usaha untuk memberikan bantuan motivasi ini dapat menentukan apa yg di lingkungan anak
    Yg dapt memperkuat penguatan belajar

    Peran motivasi dalam memeperjelas tujuan pembelajaran

    Peran ini berkaitan dengan kemaknaan belajar yaitu anak akan tertarik untuk belajar jiak yg dipelajari sedikitny sudah bisa diketahui manfaat nya

    Peran motivasi mentukan ketekunan dalam belajar

    Seseorang yg telah termotivasi untuk belajar sesuatu akan mempelajari sesuatu dengan baik

    Faktor yg menentukan motivasi belajar

    1:kehilangan harga diri pengaruh dari hilang nya harga diri bagi org dewasa sangat besar tanpa harga diri org deawas akan merasa sangat emosiaonal

    2.ketidaknyamanan fisik
    Hal ini bisa menurunkan motivasi belajar krn org dewasa biasany memerhatikan fisiknya

    3.frustasi
    Kendala dan msalah hidup org dewasa adalah hal yg harus dijalani mereka yg tidak bisa mnagani masalahny bakal merasa frustasi

    4.teguran yg tidak dimenegerti
    Jika grur memeberikan teguran yg tidak jelas maka bisa memmbuat menurunkan motivasi

    5.materi terlalu sulit/mudah
    Jiak materi terlalu sukit amak bisa membuat kesal dan menurunkan motivasi belajar
    Jika terlalu mudah maka bis amembuat malaas belajar krn sudah paham

    6.persaingan yg tidak sehat
    Kadang jika ujian ada saja murid yg menyontek atau curang

    7.berkelompok dengan peserta yg sama² kuarang

    Hal ini bisa membuat kita tak bisa berkembang jika kita berkelompok dengan org yg lebih pintar maka kita bisa berkembang

    Cara mengembangkan motivasi

    1.menahan diri

    2.visulisasikan

    3.cari teman atau partner

    4.kerjakan segera

    5.buatlah jadi menyenangkan

    6.bersabar

    7.buat tujuan jangka pendek

    8.beri dirmu penghargaan

    9.cari inspirasi

    10.cari guru

    11.buatlha aturan

    12.kahyalkan atau gambarkan

    13.teman berkompetisi

    14.buat komitemen

    15.berpikir positif buang negatif

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum
    Nama : Cinta
    Kelas : 7A

    A. Pengertian
    Motivasi yaitu tujuan yang diartikan sebagai sesuatu yang ada pada diri seseorang yang ingin di capai

    B. Jenis motivasi
    1. Motivasi Intristik (dari dalam diri)
    2. Motivasi Ekstrinsik (dari luar diri)

    C. Peran motivasi
    1. Penguat belajar
    2. Memperjelas tujuan belajar
    3. ketekunan dalam belajar

    D. Faktor yang Menurunkan Motivasi Belajar
    1. Kehilangan harga diri
    2. Ketidaknyamanan fisik
    3. Frustasi
    4. Teguran yang tidak dimengerti
    5. Materi terlalu sulit
    6. Persaingan tidak sehat
    7. Berkelompok dengan peserta yang sama sama kurang

    Cara Mengembangkan Motivasi Belajar
    1. Menahan diri
    2. Visualisasikan
    3. Cari teman
    4. Kerjakan segera
    5. Buatlah menjadi menyenangkan
    6. Bersabar
    7. Buat tujuan jangka pendek
    8. Beri dirimu penghargaan
    9. Cari inspirasi
    10. Cari guru
    11. Buat aturan
    12. Khayalkan
    13. Teman berkompetisi
    14. Buat komitmen pada publik
    15. Berpikir positif, buang yang negatif

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum bu
    Nama : Keysha ozora aditya putri
    Kelas : 7B
    Ket : Hadir
    A. Pengertian motivasi
    Motivasi berasal dari bahasa inggris 'Motivations' / 'motive' yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas - aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan. Motivasi secara umum diartikan sebagai suatu yg ada pada diri seseorang yg dapat mendorong, mengaktifkan, menggerakan & mengarahkan perilaku seseorang.

    B. Jenis jenis motivasi
    Motivasi ada 2 jenis, yaitu :
    1. Motivasi Intristik ( motivasi yang berasal dari dalam diri orang itu sendiri )
    2. Motivasi Ekstrinsik ( Dorongan yg ada pada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan. Namun dorongan tersebut datang dari luar individu yang bersangkutan. Jadi orang itu dirangsang dari luar ).

    C. Peran motivasi yg penting dalam belajar
    1. Peran motivasi dalam penguatan belajar , peran motivasi dalam hal ini dihadapkan untuk suatu kasus yang memerlukan pemecahan masalah.
    2. Peran motivasi dalam memperjelas tujuan belajar, peran ini berkaitan dengan kemaknaan belajar yaitu anak akan tertarik untuk belajar jika yang dipelajarinya sedikitnya sudah bisa diketahui manfaatnya bagi anak.
    3. Peran motivasi dalam memperjelas tujuan belajar

    D. Faktor yang menurunkan motivasi belajar ; kehilangan harga diri, ketidaknyamanan fisik, frustasi, teguran yang tidak dimengerti, materi terlalu sulit/mudah, persaingan yg tidak sehat, berkelompok dengan peserta yang sama sama kurang.

    E. Cara mengembangkan motivasi belajar ; menahan diri, visualisasikan, cari teman atau partner, kerjakan segera, buatlah menjadi menyenangkan, bersabar, cari guru atau pembimbing, berpikir positif buang yg negatif

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum
    Dini Lutfia putri
    7B
    Hadir

    A. Pengertian motivasi
    Motivasi berasal dari bahasa inggris 'Motivations' / 'motive' yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas - aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan. Motivasi secara umum diartikan sebagai suatu yg ada pada diri seseorang yg dapat mendorong, mengaktifkan, menggerakan & mengarahkan perilaku seseorang.

    B. Jenis jenis motivasi
    Motivasi ada 2 jenis, yaitu :
    1. Motivasi Intristik ( motivasi yang berasal dari dalam diri orang itu sendiri )
    2. Motivasi Ekstrinsik ( Dorongan yg ada pada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan. Namun dorongan tersebut datang dari luar individu yang bersangkutan. Jadi orang itu dirangsang dari luar ).

    C. Peran motivasi yg penting dalam belajar
    1. Peran motivasi dalam penguatan belajar , peran motivasi dalam hal ini dihadapkan untuk suatu kasus yang memerlukan pemecahan masalah.
    2. Peran motivasi dalam memperjelas tujuan belajar, peran ini berkaitan dengan kemaknaan belajar yaitu anak akan tertarik untuk belajar jika yang dipelajarinya sedikitnya sudah bisa diketahui manfaatnya bagi anak.
    3. Peran motivasi dalam memperjelas tujuan belajar

    D. Faktor yang menurunkan motivasi belajar ; kehilangan harga diri, ketidaknyamanan fisik, frustasi, teguran yang tidak dimengerti, materi terlalu sulit/mudah, persaingan yg tidak sehat, berkelompok dengan peserta yang sama sama kurang.

    E. Cara mengembangkan motivasi belajar ; menahan diri, visualisasikan, cari teman atau partner, kerjakan segera, buatlah menjadi menyenangkan, bersabar, cari guru atau pembimbing, berpikir positif buang yg negatif

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum
    Nama : Muhammad Ariel Wira Pratama
    Kelas : 7B
    Ket : hadir
    Kesimpulan : motivasi sangat penting dalam kegiatan belajar, dengan adanya motivasi dapat mendorong semangat belajar dan sebaliknya kurang adanya motivasi akan melemahkan semangat belajar kita.motivasi merupakan syarat mutlak dalam belajar. Belajar tanpa motivasi atau kurangnya motivasi tidak akan berhasil dengan maksimal.

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum
    Nama:Rayyan Ilham A.
    Kelas:7B



    Orang dewasa tidak hanya manusia yang mempunyai pemikiran dan pengalaman luas ttapi juga prasangka yang besar pula. Jika tutor/guru menegur dengan tanpa ia mengerti, peserta didik orang dewasa itu pun akan merasa bingung dan berprasangka macam-macam yang pada akhirnya menjadi faktor penurun motivasi belajarnya. Contohnya, tutor/guru yang kesal dengan peserta didiknya yang terlambat menacung-acungkan jari dengan cepat kepada peserta didik tersebut   


    Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan)
    Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang dapat mendorong mengaktifkan , menggerakan dan mengarahkan perilaku seseorang .

    motivasi intristik
    Motivasi yang berasal dari diri siswa/orang tua/diri sendiri

    2.motivasi ekstrinstik
    Dorongan yang ada pada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan

    C.peran motivasi yang penting dalam belajar
    S
    1.peran motivasi dalam penguatan belajar
    Misalnya seorang siswa yang kesulitan dalam menjawab soal matematika akhirnya dapat memecahkan soal matematika dengan bantuan rumus matematika.

    2.peran motivasi dalam memperjelas tujuan belajar
    Kemaknaan belajar yaitu anak akan tertarik untuk belajar jika yang dipelajarinya sedikit sudah bisa diketahui manfaatnya bagi anak.

    3.peran motivasi menentukan ketekunan dalam belajar
    Seseorang yang telah memotivasi untuk belajar sesuatu akan berusaha mempelajari sesuatu dengan baik dan tekun.


    BalasHapus
  22. Assalamualaikum
    Nama: Jasmine Assalwa M
    Kelas:7A
    Ket:hadir

    Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan).Dalam kegiatan belajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan membentuk arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai.
    B. Jenis-jenis Motivasi

    Motivasi ada dua jenis, yaitu:

    1. Motivasi Intristik
    2. Motivasi Ekstrinsik

    C. Peran Motivasi yang Penting Dalam Belajar

    1. Peran motivasi dalam penguatan belajar
    2. Peran Motivasi dalam memperjelas Tujuan Belajar.
    3. Peran Motivasi menentukan Ketekunan dalam Belajar.

    D. Faktor yang Menurunkan Motivasi Belajar
    1. Kehilangan harga diri
    2. Ketidaknyamanan fisik
    3. Frustasi
    4. Teguran yang tidak dimengerti
    5. Materi terlalu sulit
    6. Persaingan tidak sehat
    7. Berkelompok dengan peserta yang sama sama kurang.

    Cara Mengembangkan Motivasi Belajar
    1. Menahan diri
    2. Visualisasikan
    3. Cari teman
    4. Kerjakan segera
    5. Buatlah menjadi menyenangkan
    6. Bersabar
    7. Buat tujuan jangka pendek
    8. Beri dirimu penghargaan
    9. Cari inspirasi
    10. Cari guru
    11. Buat aturan
    12. Khayalkan
    13. Teman berkompetisi
    14. Buat komitmen pada publik
    15. Berpikir positif, buang yang negatif.
    kita tidak selalu siap menghadapi pikiran buruk kita sendiri. Buanglah jauh dan gantilah pikiran buruk dengan pikiran yang baik, pikiran baik bisa menjadi kekuatan yang dahsyat.

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum bu
    Denis amarta khoir
    7b
    Hadir

    Orang dewasa tidak hanya manusia yang mempunyai pemikiran dan pengalaman luas ttapi juga prasangka yang besar pula. Jika tutor/guru menegur dengan tanpa ia mengerti, peserta didik orang dewasa itu pun akan merasa bingung dan berprasangka macam-macam yang pada akhirnya menjadi faktor penurun motivasi belajarnya. Contohnya, tutor/guru yang kesal dengan peserta didiknya yang terlambat menacung-acungkan jari dengan cepat kepada peserta didik tersebut
    Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan)
    Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang dapat mendorong mengaktifkan , menggerakan dan mengarahkan perilaku seseorang
    motivasi intristik
    Motivasi yang berasal dari diri siswa/orang tua/diri sendiri

    2.motivasi ekstrinstik
    Dorongan yang ada pada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan

    C.peran motivasi yang penting dalam belajar
    S
    1.peran motivasi dalam penguatan belajar
    Misalnya seorang siswa yang kesulitan dalam menjawab soal matematika akhirnya dapat memecahkan soal matematika dengan bantuan rumus matematika.

    2.peran motivasi dalam memperjelas tujuan belajar
    Kemaknaan belajar yaitu anak akan tertarik untuk belajar jika yang dipelajarinya sedikit sudah bisa diketahui manfaatnya bagi anak.

    3.peran motivasi menentukan ketekunan dalam belajar
    Seseorang yang telah memotivasi untuk belajar sesuatu akan berusaha mempelajari sesuatu dengan baik dan tekun

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum Bu
    Nama: Ferdinand Yulian Saputra
    Kelas:7A
    Hadir Bu














    Kesimpulan:Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan)
    Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang dapat mendorong mengaktifkan , menggerakan dan mengarahkan perilaku seseorang
















    🗿🗿










    🗿🗿







    ⚓⚓









    🏸🏸

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum
    Keyzia indah azzahra
    7b
    Ket : hadir









    1. Menahan diri - saat kita tertarik dengan sesuatu yang baru biasanya dengan penuh antusias untuk segera melakukannya,.lupa bahwa kita juga mempunyai keterbatasan. Seolah kita mampu melakukan segalanya dan mengerahkan semua energy yang ada, hingga cepat terkuras dan kehabisan energy. Tahanlah keinginan jangan melakukan semua yang diinginkan, lakukan 50 - 75 % saja dan buat perencanaan untuk meningkatkannya secara perlahan.

    2. Visualisasikan - carilah gambar atau image yang berhubungan dengan tujuan atau cita-cita kita, misalnya berupa barang, atau tempat wisata yang ingin dikunjungi. Letakkan ditempat yang sering terlihat, agar setiap kali melihatnya membuat kita termotivasi untuk berusaha lebih giat.

    3. Cari teman atau partner - mempunyai partner dalam misi yang sama sangat membantu untuk terus termotivasi, saling membantu dan memberi informasi, bekerja sama dalam menggapai mimpi.

    4. Kerjakan segera - pada saat kita merasa ingin melakukan sesuatu yang akan mempercepat proses pencapaian tujuan, lakukanlah segera. Jangan menundanya, seringkali kita menunda hal-hal yang seharusnya dilakukan. Entah itu dengan alasan karena merasa tidak mampu melakukannya atau karena alasan lain yang tidak seharusnya.

    5. Buatlah menjadi menyenangkan - betapun beratnya perjuangan untuk mencapai yang diinginkan, berusahalah untuk membuatnya menjadi hal yang menyenagkan. Melakukan hal yang menurut kita menyenangkan membuat segalanya tampak lebih ringan dan mudah.

    6. Bersabar - hmm.. kata ini terlalu sering didengar, mudah mengatakannya namun sulit untuk melakukannya. Terlebih jika mempunyai tujuan dalam jangka panjang, namun bersabar adalah keharusan. Setiap sesuatu membutuhkan waktu, bila memang sudah waktunya nanti kita bisa merasakan nikmatnya kesuksessan.

    7. Buat tujuan jangka pendek - mempunyai tujuan jangka panjang bisa jadi sangat berat untuk tetap termotivasi, dalam beberapa minggu atau bulan sangat mungkin kita kehilangan motivasi. Untuk mengatasi ini pecahlah tujuan jangka panjang tersebut menjadi beberapa tujuan jangka pendek.

    8. Beri dirimu penghargaan - bukan hanya untuk tercapainya tujuan jangka panjng, seperti pada point 9 yaitu memecahnya menjadi beberapa jangka pendek. Untuk setiap tercapainya tujuan jangka pendek berilah dirimu penghargaan yang sesuai, tapi juga jangan berlebihan.

    9. Cari inspirasi setiap hari - inspirasi merupakan motivator terbaik, dan inspirasi bisa ditemukan dimana saja. Carilah inspirasi setiap hari, inspirasi bisa berasal dari : blogs, cerita suksess, forums, buku, majalah, koran, televisi, dan radio.

    10. Cari guru atau pembimbing - ini akan memberi kita motivasi, setidaknya untuk show atau menunjukan keberhasilan yang telah dicapai. Dan memberi motivasi untuk melakukan sesuatu yang telah diajarkan. Mungkin ini cara yang mahal untuk mencari motivasi, tapi cari ini terbukti bisa berhasil.

    11. Buatlah aturan - harus diakui terkadang kita juga merasa malas dan bosan, hingga melewatkan satu hari berlalu tanpa ada kemajuan. Tapi jangan biarkan ini terus terjadi, satu hari kita malas maka besoknyapun kita masih malas untuk melakukannya. Buatlah aturan untuk tidak melewatkannya lebih dari 1 hari, cukup satu hari yang tersia-sia.

    12. Khayalkan atau gambarkan - gambarkan akan seperti apa kita pada saat telah mencapai suksess seperti yang dinginkan. Mobil apa yang dikendarai, seperti apa rumah yang bakal dibangun, dimana akan berwisata, atau semisalnya. Lakukan ini setidaknya 5 - 10 menit setiap hari. Cara ini dipakai untuk mempertahankan motivasi dalam waktu yang lama.

    13. Teman berkompetisi - carilah yang bersahabat dan mau berkompetisi dengan sportif. Partner atau teman bisa juga menjadi pesaing dalam arti yang positif, pastikan untuk bersaing secara positif.

    14. Buat komitmen pada publik - trik ini terbukti ampuh. Misalnya : buat tulisan di blog bahwa kita akan mencapai sesuatu pada tanggal yang ditentukan

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum
    Andhika putra pratama
    Kelas 7B
    Hadir

    Kesimpulan
    Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan.
    B. Jenis-jenis Motivasi

    Motivasi ada dua jenis, yaitu:

    1. Motivasi Intristik

    Motivasi yang berasal dari dalam diri siswa/orang itu sendiri.

    2. Motivasi Ekstrinsik

    Dorongan yang ada pada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan. Namun dorongan tersebut dating dari luar individu yang bersangkutan. Jadi orang itu dirangsang dari luar.


    C. Peran Motivasi yang Penting Dalam Belajar

    1. Peran motivasi dalam penguatan belajar

    Peran motivasi dalam hal ini dihadapkan pada suatu kasus yang memerlukan pemecahan masalah. Misalnya seorang siswa yang kesulitan dalam menjawab soal matematika akhirnya dapat memecahkan soal matematika dengan bantuan rumus matematika.

    Usaha untuk memberi bantuan dengan rumus matematika dapat menimbulkan penguatan belajar. Motivasi ini dapat menentukan hal-hal apa yang di lingkungan anak yang dapat memperkuat perbuatan belajar. Untuk itu seorang guru perlu memahami suasana lingkungan belajar siswa sebagai bahan penguat belajar.

    2. Peran Motivasi dalam memperjelas Tujuan Belajar

    Peran ini berkaitan dengan kemaknaan belajar yaitu anak akan tertarik untuk belajar jika yang dipelajarinya sedikitnya sudah bisa diketahui manfaatnya bagi anak.

    3. Peran Motivasi menentukan Ketekunan dalam Belajar

    Seseorang yang telah termotivasi untuk belajar sesuatu akan berusaha mempelajari sesuatu dengan baik dan tekun, dan berharap memperoleh hasil yang baik.

    D. Faktor yang Menurunkan Motivasi Belajar

    1. Kehilangan harga diri
    Pengaruh dari hilangnya harga diri bagi orang dewasa sangat besar. Tanpa harga diri, peserta didik orang dewasa akan berlaku sangat emosional dan pasti menurunkan motivasi belajarnya

    2. Ketidaknyamanan fisik
    Fisik merupakan aspek fisiologis/penampakan yang penting untuk meningkatkan motivasi belajar. Seorang peserta didik dewasa biasanya selalu memperhatikan penampilan fisiknya. Jika fisiknya tidak membuat ia nyaman, motivasi belajarnya pun akan menurun. Contoh; seorang yang mempunyai badan yang besar akan mengalami penurunan motivasi jika ia diminta untuk belajar lari sprint dilapangan.

    3. Frustasi
    Kendala dan masalah hidup yang dihadapi oleh orang dewasa merupakan hal yang harus dijalani. Terkadang dapat diatasi, terkadang tidak. Mereka yang mengalami masalah yang tidak tertanggulangi biasanya akan cepat frustasi

    4. Teguran yang tidak dimengerti
    Orang dewasa tidak hanya manusia yang mempunyai pemikiran dan pengalaman luas ttapi juga prasangka yang besar pula. Jika tutor/guru menegur dengan tanpa ia mengerti, peserta didik orang dewasa itu pun akan merasa bingung dan berprasangka macam-macam yang pada akhirnya menjadi faktor penurun motivasi belajarnya. Contohnya, tutor/guru yang kesal dengan peserta didiknya yang terlambat menacung-acungkan jari dengan cepat kepada peserta didik tersebut

    5. Materi terlalu sulit/ mudah
    Materi pembelajaran dapat diukur dengan menerapkan pratest dan pengidentifikasian sasaran peserta didik. Terkadang hal ini tidak diperhatikan tutor/guru sehingga materi yang diajarkan terlalu sulit/mudah. Bagi peserta didik orang dewasa, mereka tentu sangat bosan dengan materi yang terlampau mudah dan sangat frustasi dengan materi yang terlampau sulit. Keduanya mempengaruhi motivasi belajar peserta didik ketingkat terendah.

    6. Persaingan yang tidak sehat

    7. Berkelompok dengan peserta yang sama sama kurang

    . Cara Mengembangkan Motivasi Belajar

    1. Menahan diri -
    2Cari teman
    3Kerjakan segera

    BalasHapus
  27. ASSALAMUALAIKUM
    Nama : FATIR AL AFDHAL PUTRO HERDIANTO
    Kelas : VIIA
    Absen : 7


    KESIMPULAN

    Pengertian Motivasi

    Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan)
    Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang dapat mendorong mengaktifkan , menggerakan dan mengarahkan perilaku seseorang . dengan kata lain motivasi ada dalam diri seseorang dalam wujut niat harapan keinginan dan tujuan yang ingin dicapai.
    Namun pada dasarnya motivasi merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.


    Peran Motivasi yang Penting Dalam Belajar

    1. Peran motivasi dalam penguatan belajar

    Peran motivasi dalam hal ini dihadapkan pada suatu kasus yang memerlukan pemecahan masalah. Misalnya seorang siswa yang kesulitan dalam menjawab soal matematika akhirnya dapat memecahkan soal matematika dengan bantuan rumus matematika.

    Usaha untuk memberi bantuan dengan rumus matematika dapat menimbulkan penguatan belajar. Motivasi ini dapat menentukan hal-hal apa yang di lingkungan anak yang dapat memperkuat perbuatan belajar. Untuk itu seorang guru perlu memahami suasana lingkungan belajar siswa sebagai bahan penguat belajar.

    2. Peran Motivasi dalam memperjelas Tujuan Belajar

    Peran ini berkaitan dengan kemaknaan belajar yaitu anak akan tertarik untuk belajar jika yang dipelajarinya sedikitnya sudah bisa diketahui manfaatnya bagi anak.

    3. Peran Motivasi menentukan Ketekunan dalam Belajar

    Seseorang yang telah termotivasi untuk belajar sesuatu akan berusaha mempelajari sesuatu dengan baik dan tekun, dan berharap memperoleh hasil yang baik.



    Faktor yang Menurunkan Motivasi Belajar

    1. Kehilangan harga diri
    Pengaruh dari hilangnya harga diri bagi orang dewasa sangat besar. Tanpa harga diri, peserta didik orang dewasa akan berlaku sangat emosional dan pasti menurunkan motivasi belajarnya

    2. Ketidaknyamanan fisik
    Fisik merupakan aspek fisiologis/penampakan yang penting untuk meningkatkan motivasi belajar. Seorang peserta didik dewasa biasanya selalu memperhatikan penampilan fisiknya. Jika fisiknya tidak membuat ia nyaman, motivasi belajarnya pun akan menurun. Contoh; seorang yang mempunyai badan yang besar akan mengalami penurunan motivasi jika ia diminta untuk belajar lari sprint dilapangan.

    3. Frustasi
    Kendala dan masalah hidup yang dihadapi oleh orang dewasa merupakan hal yang harus dijalani. Terkadang dapat diatasi, terkadang tidak. Mereka yang mengalami masalah yang tidak tertanggulangi biasanya akan cepat frustasi

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum
    Shakira Maharani Harnawan
    7B
    Hadir

    Assalamualaikum
    Shakira Maharani Harnawan
    7B
    Hadir


    A.Pengertian Motivasi

    Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”,yg jg telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi intern
    Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang dpt mendorong mengaktifkan,menggerakan dan mengarahkan perilaku seseorang.dengan kata lain motivasi ada dalam diri seseorang dalam wujut niat harapan keinginan dan tujuan yang ingin dicapai.
    Namun pada dasarnya motivasi merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.

    Dalam kegiatan belajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan membentuk arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai

    B.Jenis-jenis Motivasi

    Motivasi ada dua jenis,yaitu:
    1.Motivasi Intristik

    Motivasi yang berasal dari dalam diri siswa/orang itu sendiri.

    2.Motivasi Ekstrinsik

    Dorongan yang ada pada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan.

    C.Peran Motivasi yang Penting Dalam Belajar
    1.Peran motivasi dalam penguatan belajar

    Peran motivasi dalam hal ini dihadapkan pada suatu kasus yang memerlukan pemecahan masalah. Misalnya seorang siswa yang kesulitan dalam menjawab soal matematika akhirnya dapat memecahkan soal matematika dengan bantuan rumus matematika.

    Usaha untuk memberi bantuan dengan rumus matematika dapat menimbulkan penguatan belajar. Motivasi ini dapat menentukan hal-hal apa yang di lingkungan anak yang dapat memperkuat perbuatan belajar. Untuk itu seorang guru perlu memahami suasana lingkungan belajar siswa sebagai bahan penguat belajar.

    2.Peran Motivasi dalam memperjelas Tujuan Belajar

    Peran ini berkaitan dengan kemaknaan belajar yaitu anak akan tertarik untuk belajar jika yang dipelajarinya sedikitnya sudah bisa diketahui manfaatnya bagi anak.

    3.Peran Motivasi menentukan Ketekunan dalam Belajar

    Seseorang yang telah termotivasi untuk belajar sesuatu akan berusaha mempelajari sesuatu dengan baik dan tekun, dan berharap memperoleh hasil yang baik.

    D.Faktor yang Menurunkan Motivasi Belajar

    1.Kehilangan harga diri
    2.Ketidaknyamanan fisik
    3.Frustasi
    4. Teguran yg tidak dimengerti
    5.Materi terlalu sulit/ mudah
    6.Persaingan yang tidak sehat
    7.Berkelompok dengan peserta yang sama

    E.Cara Mengembangkan Motivasi Belajar
    Menahan diri,Visualisasikan,Cari teman atau partner,Kerjakan segera,Buatlah menjadi menyenangkan,Sabar,Buat tujuan jangka pendek,Beri dirimu penghargaan,Cari inspirasi setiap hari,Cari guru atau pembimbing,Buatlah aturan,Khayalkan atau gambarkan,Teman berkompetisi,Buat komitmen pada publik, Berpikir positif,buang yang negatif

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum
    Ahmad Al-barri Amin
    7B
    HADIR
    Kesimpulan
    Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan.
    B. Jenis-jenis Motivasi

    Motivasi ada dua jenis, yaitu:

    1. Motivasi Intristik

    Motivasi yang berasal dari dalam diri siswa/orang itu sendiri.

    2. Motivasi Ekstrinsik

    Dorongan yang ada pada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan. Namun dorongan tersebut dating dari luar individu yang bersangkutan. Jadi orang itu dirangsang dari luar.


    C. Peran Motivasi yang Penting Dalam Belajar

    1. Peran motivasi dalam penguatan belajar

    Peran motivasi dalam hal ini dihadapkan pada suatu kasus yang memerlukan pemecahan masalah. Misalnya seorang siswa yang kesulitan dalam menjawab soal matematika akhirnya dapat memecahkan soal matematika dengan bantuan rumus matematika.

    Usaha untuk memberi bantuan dengan rumus matematika dapat menimbulkan penguatan belajar. Motivasi ini dapat menentukan hal-hal apa yang di lingkungan anak yang dapat memperkuat perbuatan belajar. Untuk itu seorang guru perlu memahami suasana lingkungan belajar siswa sebagai bahan penguat belajar.

    2. Peran Motivasi dalam memperjelas Tujuan Belajar

    Peran ini berkaitan dengan kemaknaan belajar yaitu anak akan tertarik untuk belajar jika yang dipelajarinya sedikitnya sudah bisa diketahui manfaatnya bagi anak.

    3. Peran Motivasi menentukan Ketekunan dalam Belajar

    Seseorang yang telah termotivasi untuk belajar sesuatu akan berusaha mempelajari sesuatu dengan baik dan tekun, dan berharap memperoleh hasil yang baik.

    D. Faktor yang Menurunkan Motivasi Belajar

    1. Kehilangan harga diri
    Pengaruh dari hilangnya harga diri bagi orang dewasa sangat besar. Tanpa harga diri, peserta didik orang dewasa akan berlaku sangat emosional dan pasti menurunkan motivasi belajarnya

    2. Ketidaknyamanan fisik
    Fisik merupakan aspek fisiologis/penampakan yang penting untuk meningkatkan motivasi belajar. Seorang peserta didik dewasa biasanya selalu memperhatikan penampilan fisiknya. Jika fisiknya tidak membuat ia nyaman, motivasi belajarnya pun akan menurun. Contoh; seorang yang mempunyai badan yang besar akan mengalami penurunan motivasi jika ia diminta untuk belajar lari sprint dilapangan.

    3. Frustasi
    Kendala dan masalah hidup yang dihadapi oleh orang dewasa merupakan hal yang harus dijalani. Terkadang dapat diatasi, terkadang tidak. Mereka yang mengalami masalah yang tidak tertanggulangi biasanya akan cepat frustasi

    4. Teguran yang tidak dimengerti
    Orang dewasa tidak hanya manusia yang mempunyai pemikiran dan pengalaman luas ttapi juga prasangka yang besar pula. Jika tutor/guru menegur dengan tanpa ia mengerti, peserta didik orang dewasa itu pun akan merasa bingung dan berprasangka macam-macam yang pada akhirnya menjadi faktor penurun motivasi belajarnya. Contohnya, tutor/guru yang kesal dengan peserta didiknya yang terlambat menacung-acungkan jari dengan cepat kepada peserta didik tersebut

    5. Materi terlalu sulit/ mudah
    Materi pembelajaran dapat diukur dengan menerapkan pratest dan pengidentifikasian sasaran peserta didik. Terkadang hal ini tidak diperhatikan tutor/guru sehingga materi yang diajarkan terlalu sulit/mudah. Bagi peserta didik orang dewasa, mereka tentu sangat bosan dengan materi yang terlampau mudah dan sangat frustasi dengan materi yang terlampau sulit. Keduanya mempengaruhi motivasi belajar peserta didik ketingkat terendah.

    6. Persaingan yang tidak sehat

    7. Berkelompok dengan peserta yang sama sama kurang

    . Cara Mengembangkan Motivasi Belajar

    1. Menahan diri -
    2Cari teman
    3Kerjakan segera

    BalasHapus
  30. Assalamulaikum bu
    Rd.m akbar yusuf m.
    7b
    Hadir




    Kesimpulan:
    A.pengertian motivasi
    Motivasi berasal dari bahasa Inggris"motivation"perkataan asalnya adalah"motive"yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu"motif"yaitu bermaksud tujuan.
    Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang mendorong mengaktifkan,menggerakan,menggairahkan perilaku seseorang.
    Dalam kegiatan belajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak didalam diri siswa yang menimbulkan,menjamin kelangsungan dan membentuk arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai.

    B.jenis jenis motivasi

    1.motivasi intristik
    Motivasi yang berasal dari diri siswa/orang tua/diri sendiri

    2.motivasi ekstrinstik
    Dorongan yang ada pada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan

    C.peran motivasi yang penting dalam belajar
    S
    1.peran motivasi dalam penguatan belajar
    Misalnya seorang siswa yang kesulitan dalam menjawab soal matematika akhirnya dapat memecahkan soal matematika dengan bantuan rumus matematika.

    2.peran motivasi dalam memperjelas tujuan belajar
    Kemaknaan belajar yaitu anak akan tertarik untuk belajar jika yang dipelajarinya sedikit sudah bisa diketahui manfaatnya bagi anak.

    3.peran motivasi menentukan ketekunan dalam belajar
    Seseorang yang telah memotivasi untuk belajar sesuatu akan berusaha mempelajari sesuatu dengan baik dan tekun.

    D.faktor yang menurunkan generasi belajar

    1.kehilangan harga diri
    2.ketidaknyamanan fisik
    3.frustasi
    4.teguran yang tidak dimengerti
    5.materi terlalu sulit/mudah
    6.persaingan yang tidak sehat
    7.berkelompok dengan peserta yang sama sama kurang.

    E.cara mengembangkan motovasi belajar
    1.menahan diri
    2.visualilasikan
    3.cari temen atau partner
    4.kerjakan segera
    5.bautlah menjadi menyenangkan
    6.bersabar
    7.buat tujuan jangka pendek
    8.beri dirimu penghargaan
    9.cari inspirasi setiap hari
    10.cari guru atau pebimbing
    11.buatlah aturan
    12.khayalkan atau gambarkan
    13.temen berkompotisi
    14.buat kotmimen pada publik
    15.berfikir positif baung yang negatif

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum
    Nama:Tirza adilah
    Kelas:7b
    Ket:Hadir
    No absen:23

    Kesimpulan:Motivasi ialah sebuah dorongan yang menyebabkan seseorang bertingkah laku yang berada dalam diri seseorang tersebut untuk melakukan suatu hal yang sesuai dengan dorongan atau keinginan tersebut. Motivasi juga berarti sebagai perbedaan antara dapat dan tidak dapat melaksanakan tugas. Motivasi mampu memberikan kekuatan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan.
    Belajar merupakan suatu kegiatan untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Belajar juga merupakan sesuatu yang dilakukan untuk menguasai hal tertentu.

    Motivasi merupakan daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas demi tercapainya suatu tujuan. Motivasi juga diartikan sebagai pendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.
    Motivasi bisa dari dalam diri dan dari luar

    BalasHapus
  32. Assalmualikum
    Nama? Astrid sandrina almaidani
    Kelas? 7b
    Ket? Hadir


    1. Menahan diri - saat kita tertarik dengan sesuatu yang baru biasanya dengan penuh antusias untuk segera melakukannya,.lupa bahwa kita juga mempunyai keterbatasan. Seolah kita mampu melakukan segalanya dan mengerahkan semua energy yang ada, hingga cepat terkuras dan kehabisan energy. Tahanlah keinginan jangan melakukan semua yang diinginkan, lakukan 50 - 75 % saja dan buat perencanaan untuk meningkatkannya secara perlahan.

    2. Visualisasikan - carilah gambar atau image yang berhubungan dengan tujuan atau cita-cita kita, misalnya berupa barang, atau tempat wisata yang ingin dikunjungi. Letakkan ditempat yang sering terlihat, agar setiap kali melihatnya membuat kita termotivasi untuk berusaha lebih giat.

    3. Cari teman atau partner - mempunyai partner dalam misi yang sama sangat membantu untuk terus termotivasi, saling membantu dan memberi informasi, bekerja sama dalam menggapai mimpi.

    4. Kerjakan segera - pada saat kita merasa ingin melakukan sesuatu yang akan mempercepat proses pencapaian tujuan, lakukanlah segera. Jangan menundanya, seringkali kita menunda hal-hal yang seharusnya dilakukan. Entah itu dengan alasan karena merasa tidak mampu melakukannya atau karena alasan lain yang tidak seharusnya.

    5. Buatlah menjadi menyenangkan - betapun beratnya perjuangan untuk mencapai yang diinginkan, berusahalah untuk membuatnya menjadi hal yang menyenagkan. Melakukan hal yang menurut kita menyenangkan membuat segalanya tampak lebih ringan dan mudah.

    6. Bersabar - hmm.. kata ini terlalu sering didengar, mudah mengatakannya namun sulit untuk melakukannya. Terlebih jika mempunyai tujuan dalam jangka panjang, namun bersabar adalah keharusan. Setiap sesuatu membutuhkan waktu, bila memang sudah waktunya nanti kita bisa merasakan nikmatnya kesuksessan.

    7. Buat tujuan jangka pendek - mempunyai tujuan jangka panjang bisa jadi sangat berat untuk tetap termotivasi, dalam beberapa minggu atau bulan sangat mungkin kita kehilangan motivasi. Untuk mengatasi ini pecahlah tujuan jangka panjang tersebut menjadi beberapa tujuan jangka pendek.

    8. Beri dirimu penghargaan - bukan hanya untuk tercapainya tujuan jangka panjng, seperti pada point 9 yaitu memecahnya menjadi beberapa jangka pendek. Untuk setiap tercapainya tujuan jangka pendek berilah dirimu penghargaan yang sesuai, tapi juga jangan berlebihan.

    9. Cari inspirasi setiap hari - inspirasi merupakan motivator terbaik, dan inspirasi bisa ditemukan dimana saja. Carilah inspirasi setiap hari, inspirasi bisa berasal dari : blogs, cerita suksess, forums, buku, majalah, koran, televisi, dan radio.

    10. Cari guru atau pembimbing - ini akan memberi kita motivasi, setidaknya untuk show atau menunjukan keberhasilan yang telah dicapai. Dan memberi motivasi untuk melakukan sesuatu yang telah diajarkan. Mungkin ini cara yang mahal untuk mencari motivasi, tapi cari ini terbukti bisa berhasil.

    11. Buatlah aturan - harus diakui terkadang kita juga merasa malas dan bosan, hingga melewatkan satu hari berlalu tanpa ada kemajuan. Tapi jangan biarkan ini terus terjadi, satu hari kita malas maka besoknyapun kita masih malas untuk melakukannya. Buatlah aturan untuk tidak melewatkannya lebih dari 1 hari, cukup satu hari yang tersia-sia.

    12. Khayalkan atau gambarkan - gambarkan akan seperti apa kita pada saat telah mencapai suksess seperti yang dinginkan. Mobil apa yang dikendarai, seperti apa rumah yang bakal dibangun, dimana akan berwisata, atau semisalnya. Lakukan ini setidaknya 5 - 10 menit setiap hari. Cara ini dipakai untuk mempertahankan motivasi dalam waktu yang lama.

    13. Teman berkompetisi - carilah yang bersahabat dan mau berkompetisi dengan sportif. Partner atau teman bisa juga menjadi pesaing dalam arti yang positif, pastikan untuk bersaing secara positif.

    14. Buat komitmen pada publik - trik ini terbukti ampuh. Misalnya : buat tulisan di blog bahwa kita akan mencapai sesuatu pada tanggal yang ditentukan

    BalasHapus
  33. Asalamualaikum
    Nam:Regan FARRAS pratama
    Kelas:7A


    1kehilangan harga diri
    2.ketidaknyamatan fisik
    3.frustasi
    4.tenguran yg tidak mengerti
    5.materi terlalu sulit
    6persaingan yg tidak sehat
    7.berkelompok

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum
    Nama:Zafira Hanum Selgia
    Kelas:7b
    Ket:Hadir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan)
      Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang dapat mendorong mengaktifkan , menggerakan dan mengarahkan perilaku seseorang.

      Motivasi ada dua jenis, yaitu:

      1.Motivasi Intristik

      Motivasi yang berasal dari dalam diri siswa/orang itu sendiri.

      2.Motivasi Ekstrinsik

      Dorongan yang ada pada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan. Namun dorongan tersebut dating dari luar individu yang bersangkutan. Jadi orang itu dirangsang dari luar.Peran motivasi dalam penguatan belajar

      Peran motivasi dalam hal ini dihadapkan pada suatu kasus yang memerlukan pemecahan masalah. Misalnya seorang siswa yang kesulitan dalam menjawab soal matematika akhirnya dapat memecahkan soal matematika dengan bantuan rumus matematika.

      Faktor yang Menurunkan Motivasi Belajar:
      1.kehilangan harga diri
      2.ketidaknyamanan fisik
      3.frustasi
      4.teguran yang tidak dimengerti
      5.materi terlalu sulit/mudah
      6.persaingan yang tidak sehat
      7.berkelompok dengan peserta yang sama sama kurang.

      Cara Mengembangkan Motivasi Belajar:
      1.menahan diri
      2.visualilasikan
      3.cari temen atau partner
      4.kerjakan segera
      5.bautlah menjadi menyenangkan
      6.bersabar
      7.buat tujuan jangka pendek
      8.beri dirimu penghargaan
      9.cari inspirasi setiap hari
      10.cari guru atau pebimbing

      Hapus
  35. Asalamualaikum
    Nama : Andhika Rafi Pratama
    Kelas : 7B
    Ket : hadir

    A. Pengertian
    Motivasi yaitu tujuan yang diartikan sebagai sesuatu yang ada pada diri seseorang yang ingin di capai

    B. Jenis motivasi
    1. Motivasi Intristik (dari dalam diri)
    2. Motivasi Ekstrinsik (dari luar diri)

    C. Peran motivasi
    1. Penguat belajar
    2. Memperjelas tujuan belajar
    3. ketekunan dalam belajar

    D. Faktor yang Menurunkan Motivasi Belajar
    1. Kehilangan harga diri
    2. Ketidaknyamanan fisik
    3. Frustasi
    4. Teguran yang tidak dimengerti
    5. Materi terlalu sulit
    6. Persaingan tidak sehat
    7. Berkelompok dengan peserta yang sama sama kurang

    Cara Mengembangkan Motivasi Belajar
    1. Menahan diri
    2. Visualisasikan
    3. Cari teman
    4. Kerjakan segera
    5. Buatlah menjadi menyenangkan
    6. Bersabar
    7. Buat tujuan jangka pendek
    8. Beri dirimu penghargaan
    9. Cari inspirasi
    10. Cari guru
    11. Buat aturan
    12. Khayalkan
    13. Teman berkompetisi
    14. Buat komitmen pada publik
    15. Berpikir positif, buang yang negatif

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum
    Khoirunnisa
    7b
    Hadir

    MOTI VASI BERASAL DARI BAHASA INGGRIS (MUTIVATIONS)PERKATAAN ASAL NY ADALAH(MOTIVE)YG JUGA TELAH DI PINJAM KAN OLEH BAHASA MELAYU(MOTIF)YAITU BERMAKSUD TUJUAN.

    MOTIVASI SECARA UMUMNYA SERING DI ARTIKAN SEBAGAI SUATU YG ADA PADA DIRI SESEORANG YG DAPAT MENDORONG MENGAKTIFKAN MENGGERAKAN DAN MENGARAHKAN PERILAKU SESEORANG.

    A.pengertian

    MOTIVASI YAITU TUJUAN YG DIARTIKAN SEBAGAI SESUATU YG ADA PADA DIRU SESEORANG YG INGIN DI CAPAI.

    B.JENIS MOTIVASI

    1.MOTIVASI INTRISTIK(DARI DALAM DIRI)
    2.MOTIVASI EKSTRINSIK(DARI LUAR DIRI)

    C.PERAN MOTIVASI

    A.PENGUAT BELAJAR.
    B.MEMEPERJELAS TUJUAN BELAJAR.
    C.KETEKUNAN DALAM BELAJAR.

    D.FAKTOR YG MENURUNKAN MOTIVASI BELAJAR.

    1.KEHILANGAN HARGA DIRI.
    2.KETIDAK NYAMANAN FISIK.
    3.FRUSTASI.
    4.TEGURAN YG TUDAK DI MENGERTI.
    5.MATERI TERLALU SULIT.
    6.PERSAINGAN TIDAK SEHEHAT.
    7. BERKELOMPOK DENGAN PESERTA YG SAMA² KURANG.

    CARA MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR.

    1.MENAHAN DIRI
    2.VISUALISASIKAN
    3.CARI TEMAN
    4.KERJAKAN SEGERA
    5.BUATLAH MENJADI MENYENANGKAN
    6.BERSABAR
    7.BUAT TUJUAN JANGKA PENDEK
    8.BERI DIRI MU PENGHARGAAN
    9.CARI INSPIRASI
    10.KHAYALKAN

    BalasHapus
  37. Nama: Farhan Dwi Andika
    Kelas 7a
    Hadir


    Kesimpulannya

    Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan)
    Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang dapat mendorong mengaktifkan , menggerakan dan mengarahkan perilaku seseorang . dengan kata lain motivasi ada dalam diri seseorang dalam wujut niat harapan keinginan dan tujuan yang ingin dicapai.
    Namun pada dasarnya motivasi merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum bu
    Nama:Raihan Zailani Putra
    Kelas:7B
    Ket:Hadir


    Kesimpulan:


    Motivasi Belajar



    A. Pengertian Motivasi

    Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan. Motivasi berpangkal pada kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan)
    Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang dapat mendorong mengaktifkan , menggerakan dan mengarahkan perilaku seseorang . dengan kata lain motivasi ada dalam diri seseorang dalam wujut niat harapan keinginan dan tujuan yang ingin dicapai.
    Namun pada dasarnya motivasi merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.

    Dalam kegiatan belajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan membentuk arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai

    B. Jenis-jenis Motivasi

    Motivasi ada dua jenis, yaitu:

    1. Motivasi Intristik

    Motivasi yang berasal dari dalam diri siswa/orang itu sendiri.

    2. Motivasi Ekstrinsik

    Dorongan yang ada pada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan. Namun dorongan tersebut dating dari luar individu yang bersangkutan. Jadi orang itu dirangsang dari luar



    C. Peran Motivasi yang Penting Dalam Belajar

    1. Peran motivasi dalam penguatan belajar

    Peran motivasi dalam hal ini dihadapkan pada suatu kasus yang memerlukan pemecahan masalah. Misalnya seorang siswa yang kesulitan dalam menjawab soal matematika akhirnya dapat memecahkan soal matematika dengan bantuan rumus matematika.

    Usaha untuk memberi bantuan dengan rumus matematika dapat menimbulkan penguatan belajar. Motivasi ini dapat menentukan hal-hal apa yang di lingkungan anak yang dapat memperkuat perbuatan belajar. Untuk itu seorang guru perlu memahami suasana lingkungan belajar siswa sebagai bahan penguat belajar.

    2. Peran Motivasi dalam memperjelas Tujuan Belajar

    Peran ini berkaitan dengan kemaknaan belajar yaitu anak akan tertarik untuk belajar jika yang dipelajarinya sedikitnya sudah bisa diketahui manfaatnya bagi anak.

    3. Peran Motivasi menentukan Ketekunan dalam Belajar

    Seseorang yang telah termotivasi untuk belajar sesuatu akan berusaha mempelajari sesuatu dengan baik dan tekun, dan berharap memperoleh hasil yang baik.






    E. Cara mengembangkan motivasi belajar


    1.Menahan diri
    2.Visualisasikan
    3.Cari teman atau partner
    4.Kerjakan segera
    5.Buatlah menjadi menyenangkan
    6.Sabar
    7.Buat tujuan jangka pendek
    8.Beri penghargaan
    9.Cari inspirasi setiap hari
    10.Cari guru atau pebimbing
    11.Khayalkan
    12.Buatlah aturan
    13.Buat komitmen pada publik
    14.Berfikir yang positif Dan buang negatif
    15.Teman berkompetisi

    Terimakasih


    Assalamualaikum

    BalasHapus
  39. assalammualikum bu
    Nama:khalila qaulin amalia.D
    Kelas:7C
    Absen:11
    Ket:hadir

    KESIMPULAN
    A.Pengertian Motivasi
    Motivasi berasal dari bahasa inggris “Motivations” perkataan asalnya adalah “motive”, yang juga telah dipinjamkan oleh bahasa melayu “Motif” yaitu bermaksud tujuan,Motivasi secara umum sering diartikan sebagai suatu yang ada pada diri seseorang yang dapat mendorong mengaktifkan , menggerakan dan mengarahkan perilaku seseorang,dengan kata lain motivasi ada dalam diri seseorang dalam wujut niat harapan keinginan dan tujuan yang ingin dicapai,Namun pada dasarnya motivasi merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.

    B.Jenis-jenis Motivasi
    Motivasi ada dua jenis, yaitu:

    1.Motivasi Intristik
    Motivasi yang berasal dari dalam diri siswa/orang itu sendiri.

    2.Motivasi Ekstrinsik
    Dorongan yang ada pada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan,Namun dorongan tersebut dating dari luar individu yang bersangkutan,Jadi orang itu dirangsang dari luar.

    C.Peran Motivasi yang Penting Dalam Belajar

    1.Peran motivasi dalam penguatan belajar
    Peran motivasi dalam hal ini dihadapkan pada suatu kasus yang memerlukan pemecahan masalah.

    2.Peran Motivasi dalam memperjelas Tujuan Belajar
    Peran ini berkaitan dengan kemaknaan belajar yaitu anak akan tertarik untuk belajar jika yang dipelajarinya sedikitnya sudah bisa diketahui manfaatnya bagi anak.

    3.Peran Motivasi menentukan Ketekunan dalam Belajar
    Seseorang yang telah termotivasi untuk belajar sesuatu akan berusaha mempelajari sesuatu dengan baik dan tekun, dan berharap memperoleh hasil yang baik.

    D.Faktor yang Menurunkan Motivasi Belajar

    1.Kehilangan harga diri
    2.Ketidaknyamanan fisik
    3.Frustasi
    4.Teguran yang tidak dimengerti
    5.Materi terlalu sulit/ mudah
    6.Persaingan yang tidak sehat
    7.Berkelompok dengan peserta yang sama sama kurang

    E.Cara Mengembangkan Motivasi Belajar
    1.Menahan diri
    2.Visualisasikan
    3.Cari teman atau partner
    4.Kerjakan segera
    5.Buatlah menjadi menyenangkan
    6.Bersabar
    7.Buat tujuan jangka pendek
    8.Beri dirimu penghargaan
    9.Cari inspirasi setiap hari
    10.Cari guru atau pembimbing
    11.Buatlah aturan
    12.Khayalkan atau gambarkan
    13.Teman berkompetisi
    14.Buat komitmen pada publik
    15.Berpikir positif, buang yang negatif

    BalasHapus