
A.
|
Tugas Perkembangan
|
:
|
Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi
|
|
B.
|
Topik / Tema Layanan
|
:
|
Problem Solving Remaja
|
|
C.
|
Bidang Layanan
|
:
|
Pribadi, sosial
|
|
D.
|
Jenis Layanan
|
:
|
Layanan Informasi
|
|
E.
|
Fungsi Layanan
|
:
|
Pemahaman
|
|
F.
|
Tujuan Layanan
|
:
|
|
|
G.
|
Metode
|
:
|
Ceramah, Curah pendapat dan tanya jawab
|
|
H.
|
Waktu Pertemuan, Tanggal
|
:
|
2 Pertemuan X 45 Menit, dan Tgl, ……. dan ……. 20…
|
|
Tempat Penyelenggaraan
|
:
|
Ruang Kelas 7
|
||
I.
|
Materi
|
:
|
|
|
J.
|
Sarana Media / Alat
|
:
|
LCD, Power Poin problem solving bagi remaja
|
|
Sumber Materi Layanan
|
:
|
|
||
K.
|
Langkah Kegiatan
|
|||
1. Pendahuluan
(alokasi waktu: 5 menit )
|
:
|
a. Guru BK/Konselor mengucapkan salam, dilanjutkan dengan berdo’a, presensi, mengecek situasi & kondisi kelas.
b. Guru BK/ Konselormenyampaikantopik / temalayananinformasi
c. Guru BK/KonselormemotivasidenganIce Breaking: agar siswasenang, tertarik, bersemangat, siapmengikutilayananinformasi
d. Guru BK/Konselor menjelaskan tujuan layanan informasi dan tugas perkembangan yang akan dipahami
e. Guru BK/Konselor menanyakan kepada siswa terkait pelayanan yang diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
|
||
2. Kegitan Inti
(alokasiwaktu: 35 menit )
|
:
|
a. Berfikir :
b. Merasa :
1. Guru BK atau Konselor mengadakan diskusi bersama siswa terkait perasaannya yang mereka hadapi dalam memahami problem solving bagi remaja
2. Guru BK atau Konselor memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya/komentar mengenai hal yang belum dapat
dipahami dan memberikan ide atau gagasan yang ingin disampaikan/ dirasakan.
c. Bersikap
1. Guru BK /Konselor menanyakan pada siswa apa saja yang telah ia ambil sikap terhadap problem solving bagi remaja
2. Guru BK /Konselor memberi kesempatan pada siswa lainnya menanggapi/mensikapi pertanyaan siswa lainnya.
d. Bertindak
2. Guru BK /Konselor
memberikan motivasi pada siswa yang belum bertindak aktif, positip dalam
memahami problem solving bagi remaja
e. Bertanggungjawab
|
||
3. Penutup
(alokasi waktu : 5 menit )
|
:
|
|
||
L
|
Rencana Penilaian
|
:
|
Menggunakan instrumen: Laiseg, Laijapen dan Laijapang
|
|
1. Penilaian Proses
|
:
|
Guru BK/Konselor
melakukan penilaian segera terhadap proses pelaksanaan layanan informasi
format klasikalnya, yaitu menilai kesungguhan/ semangat / antusias
konseli.
|
||
2. Penilaian Hasil
|
:
|
Guru BK/Konselor melakukan penilaiansegera terhadap proses pelaksanaan layanan informasi format klasikalnya, yaitu :
|
||
M
|
Tindak Lanjut
|
:
|
1. Satu minggu setelah layanan, dipantau dengan memberikan penilaian jangka pendek ( Laijapen ).
2. Satu bulan setelah layanan, dipantau denganmemberikan penilaian jangka panjang ( Laijapang ).
Konseli yang mengalami KES-T &membutuhkan bantuan, makaKonselor atau guru BK segera memberikan layanan sesuai jenis layanan Bimbingan dan Konseling. problem solving remaja
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar